Evapotranspirasi

Evapotranspirasi adalah perpaduan antara evaporasi dari permukaan tanah dengan transpirasi dari tumbuh-tumbuhan. Evapotranspirasi merupakan salah satu komponen utama dalam siklus hidrologi dengan kaitannya pada perhitungan ketersediaan air. Pengunaan citra satelit dalam perolehan data spasial telah terbukti dapat memberikan informasr yang akurat dan efisien. Perhitungan evapotranspirasi Penman, memanfaatkan citra satelit Landsat 5 TM untuk memperoleh distribusi evapotranspirasi spasial di daerah studi Jabotabek.

Data utama yang digunakan adalah, data meteorologi bulan Juli 1989 (temperatur udara, kelembapan udara, lama penyinaran matahari dan kecepatan angin), data citra Landsat 5 TM band 2, 4, 5 dan 6 tanggal 6 Juli 1989 dan data lahan (peta tutupan lahan dan topografi). Dari citra band 6 akan diperoleh empat buah parameter spasial yaitu temperatur permukaan, temperatur udara, kelembapan udara dan tekanan uap jenuh. Sedangkan dari pengolahan citra band 5, 4 dan 2 yang mengacu pada peta klasifikasi tutupan lahan digital, akan diperoleh peta tutupan lahan digital. Kontur topografi dan fungsi angin akan ditransformasikan menjadi model e1evasi dan fungsi angin digital. Karena daerah studi terbatas pada selang lintang yang sempit, maka lama penyinaran matahari dianggap seragam. Hasil pengolahan data dianalisis dengan teknologi SIG untuk memperoleh masukan spasial perhitungan metode Penman. Selanjutnya perhitungan dengan menggunakan metode Penman akan menghasilkan distribusi tingkatan evapotranspirasi.

Evapotranspirasi spasial berkisar antara 4.257 hingga 5.402 mm/hari yang terbagi menjadi 258 kelas. Pola distribusi evapotranspirasi terlihat pada tampilan peta tematik yang dihasilkan dengan teknologi SIG . Secara umum, pola distribusi evapotranspirasi spasial secara signifikan terlihat bersesuaian dengan pola distribusi kecepatan angin dan klasifikasi tutupan lahan. Nilai tertinggi terdistribusi pada daerah sawah dan rawa-rawa di sebelah barat dan timur pusatkota Jakarta.

Sumber:

http://gdl.geoph.itb.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptitbgeoph-gdl-s1-2003-lisaasrian-662&newtheme=gray

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s